Melahirkan normal ? Siapa takut!!

manfaat persalinan normal (3)
manfaat persalinan normal

Manfaat Persalinan Normal

Berbicara tentang persalinan normal, mungkin bagi yang belum mengalami akan berfikir “ngeri, pasti sakit, pasti nyeri, nanti kalau robek gimana, nanti kalau melar gimana ?”. Merupakan hal yang wajar ada anggapan seperti itu. Bahkan pada jaman sekarang ini, semua orang menginginkan hal yang cepat dan instan, tak terkecuali Indonesia untuk menghindari hal – hal yang ditakutkan.

Perlu ditekankan lagi, bahwa tubuh seorang wanita adalah untuk melahirkan. Entah melahirkan secara normal atau bedah caesar. Mungkin persalinan dengan bedah caesar tidak semenyakitkan persalinan normal, tetapi efek yang ditimbulkan dalam jangka panjang. Seandainya diminta untuk memilih antara bersalin secara normal atau bedah sesar, sangat dianjurkan untuk bersalin secara normal. Ada beberapa orang berasumsi bahwa “seorang wanita belum bisa dikatakan sepenuhnya menjadi seorang ibu jika belum melahirkan secara normal”. Sebenarnya anggapan tersebut tidak seharusnya muncul, karena pada kenyataannya ada sebagian ibu yang tidak memungkinan atau tidak dianjurkan untuk bersalin secara normal, jika dipaksa untuk melahirkan normal akan berakibat fatal bagi ibu dan janin.

Jadi, sebenarnya apa kelebihan melahirkan dengan normal? Mengapa sebisa mungkin kita harus bisa melahirkan lewat jalan normal? Mari kita bahas.

Sebagian calon ibu mungkin merasa takut saat menghadapi proses persalinan. Namun, semua itu memang sesuatu hal yang harus dijalani dan dilewati tanpa bisa menolak. Atau bisa dikatakan takdir sebagai seorang wanita. Rasa sakit yang ibu rasakan pada proses persalinan normal dapat membantu untuk menemukan cara untuk mengantarkan bayi anda ke dunia. Rasa sakit ini dapat memberi tahu kapan ibu harus mengganti posisi sehingga bayi dapat turun ke jalan lahir. Selain itu rasa sakit juga dapat membantu untuk mengetahui kapan ibu harus mengejan, bagaimana cara mengejan, dan kapan untuk berhenti mengejan untuk menghindari robekan. Melewati jalan lahir di persalinan normal juga dapat membantu membentuk kepala dan mengeluarkan cairan ketuban dari paru – paru yang nantinya akan mengurangi resiko bayi mengalami masalah pernapasan seperti asma. Bayi menerima bakteri – bakteri baik melalui jalan lahir yang membantu membangun system imun mereka. Oleh karena itu, bayi yang terlahir secara caesar biasanya lebih sering terserang bakteri – bakteri seperti staphylococcus.

Kelebihan Persalinan Normal

    1. Pulih lebih cepat

Proses pemulihan bagi Ibu yang melahirkan secara normal jauh lebih cepat dibandingkan dengan melahirkan secara caesar. Ahli perinatologi mengatakan bahwa meskipun bergantung pada keadaan ibu dan anak, namun pada umumnya bila ibu dinilai sudah cukup sehat dalam waktu 24 – 48 jam, maka ibu dapat meninggalkan rumah sakit atau tempat melahirkan.

    1. Ibu dapat langsung berinteraksi dengan bayi

Ibu yang melahirkan secara normal dapat langsung berinteraksi dengan bayi. Ibu juga bisa memberikan ASI eksklusif secepatnya setelah melahirkan dengan inisiasi menyusui dini (IMD)

    1. Terhindar dari risiko akibat operasi

Wanita yang melahirkan secara normal terhindar dari sekian banyak risiko dan komplikasi sebagai dampak dari operasi, di antaranya perdarahan, infeksi, reaksi terhadap anestesi, dan efek sakit yang berkepanjangan.

    1. Bayi lebih sehat

Bayi yang dilahirkan secara normal akan memiliki organ pernapasan yang lebih kuat karena saat lahir melewati vagina, terjadi proses pengangkutan oksigen ke beberapa jaringan tubuh bayi.

    1. Produksi kolostrum dan ASI baik

Pada ibu yang melahirkan secara normal, produksi kolostrum yaitu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar ASI pada tahap akhir masa kehamilan dan mendorong produksi ASI yang lebih cepat, banyak, dan bagus

    1. Risiko perdarahan saat melahirkan normal lebih rendah.

Ketika melahirkan secara caesar, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami perdarahan dan infeksi jahitan, makanya dengan melalui proses persalinan normal, peluang terjadinya prdarahan dan infeksi cenderung akan lebih sedikit.

    1. Menghemat biaya

Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Tanpa melakukan operasi caesar atau cara melahirkan normal, maka akan menghemat biaya pengeluaran selama proses melahirkan. Biaya persalinan normal bisa sepertiga atau seperempat dari biaya persalinan caesar.

Selain mempunyai kelebihan, persalinan normal juga memiliki kekurangan, yaitu :

    • Adanya risiko kerusakan kulit dan jaringan di sekitar vagina

Melahirkan normal tentu melalui vagina, oleh karena itu besar risiko bahwa kulit dan jaringan sekitar vagina akan mengalami melar dan robek. Hal ini akan membuat otot pinggul yang berfungsi sebagai pengontrol air seni dan isi perut ibu melemah atau bahkan mengalami cedera.

    • Rasa sakit pada perineum

Tidak hanya mengalami kesakitan pada vagina saja, ibu bisa pula merasakan kesakitan pada area antara vagina dan anus atau yang biasa disebut dengan perineum.

    • Cedera saat proses melahirkan

Hal ini memang terkesan menakutkan namun merupakan fakta. Ketika ukuran bayi terlalu besar, terdapat kemungkinan ibu dapat mengalami cedera seperti memar di kulit atau bahkan retak tulang.

Persiapan proses melahirkan :

    1. Mensugesti diri sendiri bahwa proses melahirkan akan berjalan dengan lancar. Hal ini dibutuhkan agar kondisi mental ibu tidak down ketika proses persalinan berlangsung. Jangan berlarut berada dalam perasaan ketakutan dan kecemasan ketika menghadapi proses melahirkan. Hal ini akan membuat ibu menjadi tidak maksimal ketika melahirkan.
    2. Lakukan pijatan – pijatan (massage) yang dikhususkan bagi ibu hamil selama proses kehamilan atau pada trimester terakhir untuk memperbesar kemungkinan persalinan secara normal dan mempelancar proses persalinan.
    3. Melakukan latihan kegel yakni otot – otot pada area vagina sebelum melahirkan. Latihan ini bermanfaat untuk membantu melatih otot agar siap menjalani proses melahirkan, sekaligus mencegah wasir dan pembekuan darah serta terjadinya robekan.
    4. Mengikuti kelas persiapan persalinan, agar lebih siap dan matang untuk menghadapi proses melahirkan nantinya, anda tidak perlu malu untuk mengikuti kelas persiapan melahirkan agar semakin mengerti apa saja yang perlu disiapkan menjelang proses melahirkan. Ikutilah kelas persiapan persalinan tersebut bersama orang yang benar – benar paham atau ahlinya. Jangan malu untuk bertanya atau mengajukan pertanyaan.
    5. Lakukan latihan pernapasan yang baik agar tidak kehabisan napas saat proses melahirkan. Anda bisa berlatih pernapasan yang baik dan benar untuk proses kelahiran dengan berkonsultasi pada ahlinya.
    6. Cukupi kebutuhan tidur menjelang proses persalinan. Anda tidak akan pernah tahu berapa lama proses kontraksi berlangsung, oleh sebab itu banyak dan seringlah tidur menjelang proses persalinan untuk mengumpulkan stamina dan power, serta menghindari kelelahan selama proses melahirkan. Dan juga jangan terlalu banyak beraktivitas. Jika ibu yang bekerja, ambillah cuti menjelang proses melahirkan.
    7. Makan makanan bergizi dan cukupi kebutuhan nutrisi untuk menambah stamina. Selain tidur, ibu juga perlu untuk makan makanan bergizi dan cairan yang cukup agar stamina penuh dan siap menjalani proses melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *