kehamilan kembar

kehamilan kembar (2)
kehamilan kembar

Kehamilan Kembar (GEMELI)

Pengertian Gemeli

Gemeli adalah istilah medis yang berarti kehamilan kembar. Pada kehamilan gemeli, seorang ibu mengandung lebih dari satu janin di dalam rahimnya. Tidak hanya dua, bisa juga tiga, bahkan empat janin atau lebih sekaligus.

Kembar atau anak kembar adalah dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama akan tetapi tidak selalu lahir dihari yang sama.

Anak kembar adalah dua orang anak atau lebih yang lahir dari satu masa kehamilan yang sama.

Pada kehamilan gemeli atau kembar biasanya ukuran perut lebih besar dibanding kehamilan tunggal. Kehamilan gemeli dibagi menjadi dua jenis, yaitu kembar identik dan non-identik. Kembar identik terjadi jika satu sel telur dibuahi oleh satu sel sperma namun kemudian membentuk dua embrio. Sedangkan kembar non-identik terjadi ketika dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma dalam waktu yang sama, sehingga berkembang menjadi dua janin yang berbeda.

Uniknya Kehamilan Kembar

Tetapi setiap kehamilan kembar adalah unik, karena tak selalu berasal dari satu telur.  Jenis kelaminnya pun bisa sama, bisa juga berbeda. Secara umum, kehamilan kembar bisa dibedakan menjadi 2 jenis, berdasarkan jumlah sel telur yang menjadi cikal bakal embrio (bakal janin). Pertama, kembar yang berasal dari 1 sel telur, disebut monozigot. Kedua, kembar yang berasal dari 2 atau lebih sel telur, disebut dizigot. Dari seluruh jumlah orang kembar di dunia, 8% adalah kembar monozigot.

Monozigot (kembar identik) adalah proses terjadi kehamilan kembar, dimana satu sel telur yang telah dibuahi oleh satu sel sperma (zigot), membelah diri menjadi dua belahan. Setelah menempel di dinding rahim, kedua belahan berkembang sendiri-sendiri menjadi janin yang sempurna. Kembar jenis ini disebut juga sebagai kembar identik atau kembar satu telur. Kemungkinan terjadi kembar identik adalah 1 dari 150 kelahiran. Kembar identik terjadi karena faktor alam, dan bukan faktor keturunan Sekitar 75% kehamilan kembar identik, hanya mempunyai satu ari-ari atau plasenta dengan satu selaput ketuban (amnion). Atau, satu ari-ari dengan dua selaput ketuban.

Ciri khasnya:

    • Selalu berjenis kelamin sama, yakni perempuan dan perempuan, atau laki-laki dan laki-laki.
    • Mereka biasanya memiliki wajah dan penampilan sama, bahkan seringkali memiliki kepribadian yang sangat mirip satu sama lain.
    • Anak kembar identik tercatat berumur lebih panjang dibanding anak kembar fraternal. Kembar identik bisa berumur mencapai 100 tahun

Sedangkan Dizigot (kembar non-identik) adalah proses terjadinya yaitu satu atau lebih sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda. Masing-masing hasil pembuahan (zigot) berkembang menjadi janin yang sempurna. Kembar jenis ini disebut kembar fraternal atau kembar dua telur. Kemungkinan terjadi kembar fraternal adalah 1 dari 60 kelahiran. Kembar fraternal merupakan sifat yang genetik yang diturunkan.

Ciri khasnya:

    • Jenis kelamin mereka bisa sama dan bisa juga berbeda, yakni  laki-laki dan perempuan.
    • Wajah dan penampilan mereka biasanya tidak terlalu mirip, dan seringkali terlihat seperti kakak-adik.
    • Anak kembar fraternal, walau pun berumur panjang hingga 80-90 tahun, tapi tidak sepanjang umur anak kembar identik.
Bagaimana mendapatkan bayi kembar?

Tidak ada yang tahu persis mengapa suatu kehamilan bisa menghasilkan bayi kembar, khususnya untuk kembar identik. Sebenarnya, semua wanita hamil memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan bayi kembar identik. Kemungkinan ada 1 kehamilan kembar identik dari 350 – 400 kehamilan. Biasanya kembar identik tidak diturunkan dalam keluarga, juga tidak dipengaruhi oleh hal lain seperti usia, etnis, maupun umur.

Namun, kembar tidak identik lebih sering terjadi jika dibandingkan dengan kembar identik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kembar tidak identik antara lain:

  • Etnis: kembar tidak identik biasanya lebih sering terjadi pada etnis tertentu. Kejadian kembar tidak identik paling banyak dialami oleh etnis Afrika. Di bagian eropa barat, kehamilan kembar terjadi pada 1 dari setiap 60 kehamilan, sementara di Nigeria kehamilan kembar terjadi pada 1 dari 20-30 kehamilan. Tetapi meskipun begitu, orang Nigeria yang tinggal di luar negara tersebut kemudian mengalami penurunan kemungkinan melahirkan anak kembar, sehingga tingginya kesempatan memiliki anak kembar pada etnis Afrika dicurigai lebih disebabkan oleh faktor pola makan dan lingkungan.
  • Usia. Meskipun melahirkan pada usia tua memiliki risiko tersendiri, tetapi ternyata jika hamil di atas usia 35 tahun, ibu mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan bayi kembar. Ini dikarenakan jika ibu hamil berusia lebih tua, cenderung melepaskan lebih dari satu sel telur saat ovulasi.
  • Keturunan. Kembar tidak identik dapat diturunkan dari pihak ibu. Kembar tidak identik diakibatkan oleh adanya dua sel telur, kemampuan wanita untuk menghasilkan lebih dari satu telur saat ovulasi cenderung diturunkan kepada perempuan. Jadi jika calon ibu memiliki ibu atau nenek yang juga kembar tidak identik, maka kemungkinan dihasilkannya bayi kembar juga lebih besar.
  • Jumlah anak sebelumnya. Meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah, tetapi jika sudah beberapa kali memiliki anak, maka kemungkinan mendapat bayi kembar juga menjadi lebih besar. Ini karena berarti sistem reproduksi bekerja dengan bagus serta tidak ada masalah dengan ovulasi, sehingga kemungkinan menghasilkan lebih dari satu sel telur saat ovulasi menjadi lebih besar. Atau, jika sebelumnya sudah pernah melahirkan anak kembar, maka bukan tidak mungkin kehamilan selanjutnya juga kembar.
  • IVF (in vitro fertilization), atau sering juga disebut dengan metode bayi tabung, merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membantu mereka yang didiagnosis kurang subur atau memiliki masalah pada sistem reproduksi. Saat menjalani prosedur IVF, sel telur akan diambil dari ovarium dan dibuahi oleh sperma, seluruh proses ini dilakukan di laboratorium. Setelah itu sel telur yang sudah dibuahi, atau disebut embrio, akan ditanamkan kembali ke rahim untuk kemudian dibiarkan tumbuh dan berkembang layaknya janin pada umumnya. Saat menjalani IVF, biasanya lebih dari satu embrio akan ditanamkan di rahim untuk meningkatkan kemungkinan program tersebut untuk berhasil, tetapi bisa juga setelah itu lebih dari satu embrio yang tumbuh menjadi janin. Inilah yang menyebabkan kehamilan kembar pada mereka yang menjalani program IVF. Menurut NHS Choices, terjadi kehamilan kembar 1 banding 80 kehamilan. Tetapi dengan IVF, kemungkinan terjadi kehamilan kembar adalah 1 banding 5.

Kenali Tanda-Tanda Hamil Bayi Kembar

Pada dasarnya ciri kehamilan secara umum tidak jauh berbeda, hanya saja terdapat beberapa hal yang mungkin lebih terasa saat mengandung anak kembar. Pada umumnya, ciri-ciri bayi kembar bisa diketahui sejak trimester pertama.

Berikut adalah tanda hamil bayi kembar yang umum terjadi, di antaranya:

  1. Kadar HCG yang tinggi

Tanda hamil bayi kembar yang pertama adalah meningkatnya kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Pemeriksaan ini biasanya dilakukan ketika memasuki awal kehamilan. Kadar hCG yang tinggi dari kehamilan pada umumnya, biasanya menandakan bahwa Anda sedang mengandung anak kembar. Namun, tingginya kadar hCG juga dapat dihasilkan pada ibu yang menggunakan obat penyubur. Tingginya kadar hCG ini bisa membuat morning sickness yang lebih berat dibanding kehamilan tunggal.

  1. Mual dan muntah berlebih

Tanda hamil bayi kembar berikutnya adalah mual dan muntah yang berlebih. Mual dan muntah merupakan gejala kehamilan yang umum dirasakan. Namun, kadang hal ini juga dialami oleh wanita yang hamil anak kembar.

Sebaiknya periksakan kondisi mual dan muntah ini pada dokter kandungan. Hal ini juga berguna untuk memeriksa apakah mengalami hiperemesis gravidarum, yaitu mual dan muntah berlebihan di masa kehamilan yang lebih parah dari morning sickness.

  1. Berat badan lebih mudah naik

Kehamilan kembar akan meningkatkan berat badan lebih cepat pada trimester pertama. Perbedaan berat badan antara hamil bayi kembar dengan hamil normal bisa mencapai 4,5 kg di usia kehamilan yang sama. Selain itu, tanda hamil bayi kembar juga bisa terlihat dari ukuran perut. Wanita hamil kembar cenderung terlihat lebih besar dari perut wanita kehamilan tunggal.

  1. Kelelahan fisik

Tanda hamil bayi kembar yang bisa dialami adalah ibu hamil akan merasakan kelelahan yang lebih hebat dari sebelumnya. Selain kelelahan, umumnya sakit punggung juga akan terasa lebih awal karena beban yang dibawa menjadi lebih berat. Kelelahan ini juga bisa disebabkan karena tubuh membutuhkan energi yang lebih besar untuk memenuhi nutrisi bagi dua janin di dalam kandungan. Kondisi ini akan semakin berat seiring perkembangan janin.

  1. Intoleransi dengan makanan tertentu

Tanda hamil bayi kembar lainnya adalah ibu hamil akan mengalami intoleransi yang hebat pada salah satu makanan. Aroma dan tekstur makanan bisa menjadi penghambat ibu hamil kembar dalam mengonsumsi makanan. Pada beberapa kasus, ibu hamil memang mengalami penciuman yang sangat sensitif sedangkan untuk wanita yang hamil kembar sering kali disertai dengan kondisi yang sangat parah. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah makanan-makanan dengan aroma menyengat seperti makanan laut.

  1. Sering mengalami bercak

Selama trimester pertama, tanda hamil bayi kembar yang bisa dikenali adalah mengalami bercak atau flek yang keluar dari vagina. Asalkan flek tersebut tidak disertai adanya kram atau disertai perdarahan yang banyak, hal itu adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini akan sering dialami saat mengandung bayi kembar. Meskipun masih dalam kategori normal, harus mewaspadai bercak yang tidak biasa. Hal ini karena bisa jadi menunjukkan suatu keadaan yang serius, seperti keguguran. Dibanding kehamilan tunggal, risiko keguguran saat mengandung janin kembar memang lebih tinggi.

  1. Sering sesak napas dan muncul rasa pegal

Tanda hamil bayi kembar lainnya adalah munculnya sesak napas. Sesak napas yang dialami wanita hamil kembar akan terasa lebih buruk jika dibandingkan kehamilan tunggal. Selain dipengaruhi tingginya kadar hormon progesteron dalam tubuh, adanya dua janin dalam kandungan dapat membuat diagfragma terdorong, sehingga menyebabkan kehamilan kembar menjadi tidak nyaman saat bernapas.

Kehamilan kembar juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika dibandingkan kehamilan tunggal. Ketidaknyamanan yang bisa dirasakan adalah pegal pada kaki dan punggung, akibat meningkatknya kenaikan berat badan pada kehamilan kembar.

  1. Gerakan bayi tidak terasa di masa awal kandungan

Bagi ibu yang ingin merasakan gerakan atau tendangan bayi saat mengandung, sepertinya hal ini tidak bisa dirasakan saat masa-masa awal kehamilan kembar. Gerakan bayi ini baru bisa dirasakan pada usia kehamilan 18-20 minggu. Meski begitu, pergerakan kehamilan tunggal pun juga mulai terasa pada usia kehamilan yang sama.

  1. Jantung berdetak cepat

Seiring bertambahnya berat badan karena adanya janin kembar dan peningkatan volume darah, tanda hamil bayi kembar yang bisa terjadi adalah menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Irama jantung yang lebih cepat ini seperti ketika sedang berolahraga.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Mengandung Bayi Kembar

Saat sudah dinyatakan mengandung anak kembar, ibu diharuskan memenuhi asupan zat besi lebih tinggi dari biasanya untuk mendukung kesehatan janin. Apabila asupan zat besi tidak tercukupi dengan baik, ibu berisiko mengalami anemia. Selain itu ibu juga harus mengonsumsi 2.700 kalori setiap harinya.

Selain itu, beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah:

  • Lebih sering memantau kondisi kehamilan

Upayakan untuk memeriksakan kondisi kehamilan lebih sering ke dokter kandungan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan USG (ultrasonografi) untuk memantau kondisi pertumbuhan janin. Perhatikan juga mengenai kemungkinan tanda-tanda persalinan prematur agar Anda bisa mengantisipasinya.

  • Istirahat yang cukup

Wanita yang sedang hamil kembar akan disarankan dokter untuk lebih banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas berat agar tidak kelelahan. Namun, Bunda tetap disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan, seperti berjalan di sekitar rumah, yoga, atau berenang.

  • Menjaga berat badan tetap ideal

Memperhatikan berat badan ketika hamil kembar adalah sesuatu yang sangat penting. Atur berat badan agar jangan mengalami kelebihan atau kekurangan berat badan agar janin dan tetap terjaga kesehatannya. Kenaikan berat badan yang ideal saat hamil kembar adalah 17-25 kg. Apabila berat badan dirasa lebih dari itu, hal ini bisa berdampak pada kesehatan janin dan ibu.

  • Kurangi stres

Stress saat hamil dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Stres berlebihan terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh ibu menjadi lebih lemah sehingga rentan sakit. Usahakan untuk tetap tenang, lakukan relaksasi dan perbanyak istirahat di rumah.

  • Cukupi asupan kalori dan nutrisi

Saat mengandung dua janin, ibu membutuhkan asupan kalori dan nutrisi lebih banyak. Kebutuhan kalori harian yang perlu dicukupi adalah sekitar 2700 – 3000 kalori. Ibu hamil juga disarankan untuk cukup minum air putih agar tidak dehidrasi. Selain itu, ada beberapa nutrisi penting yang perlu dikonsumsi selama mengandung janin kembar, seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, vitamin B, C, E, dan D,  folat, magnesium, kalsium, serta zat besi. Untuk mencukupi asupan nutrisi tersebut, ibu bisa mengonsumsi vitamin prenatal sesuai rekomendasi dokter.

  • Melahirkan dengan operasi caesar

Ketika Anda sudah dinyatakan hamil kembar, angan-angan untuk melahirkan normal sepertinya harus ditunda, karena kemungkinan persalinan dilakukan lewat operasi caesar saat hamil kembar menjadi lebih tinggi. Kondisi ini bisa terjadi salah satunya karena posisi sungsang yang sering dialami bayi kembar. Anda tidak perlu memaksakan untuk melahirkan secara normal jika kondisinya tidak memungkinkan.

Komplikasi Pada Kehamilan Kembar

Selain persalinan prematur, ada beberapa kondisi lain yang bisa terjadi pada kehamilan kembar, yaitu:

  • Preeklampsia, merupakan kondisi yang ditandai dengan tekanan darah dan protein yang tinggi dalam urin atau ginjal serta hati yang abnormal. Preeklampsia terjadi pada 10 hingga 15 persen wanita yang mengandung bayi kembar, dua hingga tiga kali melebihi wanita yang mengandung janin tunggal.
  • Berat badan rendah.Jika hamil kembar dua dan kembar tiga, biasanya bayi terlahir tidak memiliki berat badan yang cukup. Rata-rata bayi memiliki berat 3,18 kg saat lahir, sedangkan bayi kembar dua berat badannya sekitar 2,49 kg. Kembar tiga biasanya memiliki berat badan 1,8 kg, dan kembar empat berat badannya masing-masing 1,36 kg saja. Bayi yang lahir di bawah berat badan 2,4 kg dianggap memiliki berat badan lahir rendah. Bayi dengan berat badan lahir rendah kemungkinan memiliki masalah kesehatan. Bayi dengan berat badan rendah juga sering mengalami masalah kesulitan bernafas. Mereka tidak siap melawan infeksi serta mengontrol suhu tubuh. Kebanyakan bayi dengan berat badan lahir rendah harus menghabiskan waktu di ruang neonatal intensif care sebelum dibawa pulang.
  • Diabetes gestasional, merupakan hal yang umum terjadi pada wanita yang hamil kembar. Jika ibu mengalami diabetes gestasional, dokter akan memantau dengan seksama. Ibu bisa menjaga tingkat gula darah dengan pola makan yang baik dan olahraga, tapi beberapa wanita akan membutuhkan suntikan insulin atau pil.
  • Sindrom transfusi kembar ke kembar, menjadi komplikasi serius yang dapat terjadi pada kembar identik ketika aliran darah dari satu bayi ke bayi yang lain melalui plasenta yang sama. Sebanyak 10 hingga 15 persen bayi kembar identik mengalami sindrom ini. Kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan bedah laser untuk menutup penghubung antara pembuluh darah bayi.
  • Plasenta absrupsi adalah kondisi dimana plasenta terlepas dari dinding rahim sebelum kelahiran. Hal ini juga mungkin terjadi ketika ibu mengandung lebih dari satu bayi. Plasenta absrupsi bisa terjadi kapan saja pada masa kehamilan dan dapat memicu masalah pertumbuhan, kelahiran prematur, atau kelahiran mati. Pada kehamilan kembar, absrupsi bisa terjadi segera setelah bayi pertama lahir secara vaginal. Ketika abrupsi terjadi, bayi lainnya harus dilahirkan melalui bedah sesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *