Baby Spa

Baby Spa (3)
Baby Spa

Baby Spa

Apa sih baby spa  ?

Baby Spa (Solusi per Aqua) yang berasal dari bahasa latin memiliki arti solus per aquaSolus memiliki arti pengobatan, per artinya dengan, dan aqua adalah air.

SPA ialah suatu upaya kesehatan tradisional dengan pendekatan holistik, berupa perawatan menyeluruh memakai kombinasi kemampuan hidroterapi, pijat, aromaterapi, dan ditambahkan pelayanan makanan, minuman yang sehat serta olah aktivitas fisik.

Jadi, secara harfiah, arti dari baby spa adalah pengobatan atau perawatan dengan menggunakan air sebagai media. Tahapan baby spa memang menggunakan air sebagai medianya.

Umumnya baby spa terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, si kecil akan berendam di dalam kolam khusus menggunakan pelampung. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit.

Saat ini telah banyak menjamur tempat-tempat spa bayi. Dikarenakan manfaat dari spa bayi ini sangat bisa dirasakan oleh para orang tua.

Unsur Dasar Spa

  1. Terapi Air (hidroterapi) adalah penggunaan air dan atau dengan ramuan bahan alam (tumbuhan, mineral, minyak atsiri, garam, susu, lumpur, lulur) untuk perawatan kesehatan tubuh dengan mengatur suhu, tekanan, arus, kelembaban serta kandungan air.
  2. Pijat (massage) adalah tehnik perawatan tubuh dengan cara pemijatan yang menggunakan gerakan anggota tubuh (tangan, jari, siku, kaki) dan atau alat bantu lain pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf) yang memberi efek stimulasi, relaksasi, melancarkan peredaran darah, peredaran limfe (getah bening).

Karena popularitasnya makin meningkat, para ahli mulai mengulik manfaat baby spa untuk perkembangan mental dan fisik bayi. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa spa ternyata memang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Baby spa itu lebih dari sebatas tren atau membuat bayi memiliki waktu di luar rumah. Ada banyak manfaat baby spa untuk bayi. Setiap orang tua khususnya ibu harus mengetahui manfaat dari baby spa untuk bayi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat baby spa :

    1. Menghilangkan stress

Bayi adalah mahluk mungil yang mudah stres. Tangisannya yang cukup intens akan membuat bayi stres dan penat. Baby spa dapat membantu dalam hal ini karena manfaat baby spa bisa menghilangkan stres pada bayi. Segala penat pun juga akan hilang setelah mendapatkan baby spa. Treatment baby spa akan merangsang hormon kortisol dan oksitosin. Hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stres akan berkurang dan bayi pun menjadi lebih riang.

Baby spa juga akan membuat hormon oksitoksin meningkat sehingga bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman. Dengan begitu, stres bayi hilang dan ceria pun datang. Pastinya anda senang kan jika melihat bayi anda senang.

    1. Meningkatkan nafsu makan

Bayi yang mendapatkan treatment baby spa cenderung memiliki nafsu makan yang lebih tinggi. Ini dikarenakan setelah baby spa, produksi hormon gastrin dan insulin meningkat. Peningkatan kedua hormon ini membuat nafsu makan bayi meningkat.

    1. Memperbaiki pola tidur

Tubuh yang lebih tenang akan membuat bayi merasa lebih rileks setelah baby spa. Selain itu, gerakan bayi yang menguras energi akan membuat bayi lelah dan akhirnya cepat tertidur lelap. Ini bisa membantu memperbaiki pola tidur bayi agar teratur.

    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi

Ingin bayi Anda jarang sakit? Salah satu caranya adalah dengan melakukan baby spa secara teratur. Treatment baby spa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bayi menjadi lebih kuat ketika kuman atau virus menyerang.

    1. Membantu pertambahan berat badan bayi

Manfaat baby spa juga dapat membantu menambah berat badan bayi. Selain dikarenakan nafsu makan bayi meningkat, baby spa juga memiliki kontribusi untuk merangsang enzim-enzim yang ada di dalam perut.

Enzim-enzim pencernaan tersebut akan terangsang sehingga mampu menyerap zat gizi lebih optimal dari makanan bayi. Hal ini membuat tubuh bayi mendapatkan lebih banyak zat-zat gizi dan berat badan bertambah lebih banyak.

    1. Melancarkan peredaran darah

Baby spa yang melibatkan pijatan bayi sebagai salah satu tahapannya akan membantu melancarkan peredaran darah pada bayi. Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi.

    1. Meningkatkan kemampuan panca indera

Selama melakukan baby spa, panca indera bayi akan terangsang dan membuat fungsinya menjadi lebih optimal. Keempat indera yaitu indra peraba, penciuman, penglihatan, dan
pendengaran akan terlatih dengan baik.

8.  Mendukung perkembangan motorik

Manfaat baby spa juga dapat mendukung perkembangan motorik baik motorik kasar maupun motorik halus. Otot-otot bayi akan menjadi lebih kuat dan bisa berkoordinasi dengan lebih baik lagi. Selain itu, koordinasi otot kecil pada mata dan tangan juga akan terangsang. Ini penting untuk perkembangan motorik halus bayi. Perkembangan motorik bayi akan lebih pesat lagi jika ditunjang dengan aktivitas bermain secara rutin.

9.  Peningkatan kecerdasan

Setiap ibu pastinya ingin memiliki anak yang cerdas. Cara meningkatkan kecerdasan bayi juga bisa dilakukan melalui baby spa. Manfaat baby spa bisa membuat fungsi otak bekerja lebih optimal. Efek positif yang bisa didapat, bayi pun akan semakin cerdas dan meningkatkan IQ. Tahapan baby spa yang paling berperan adalah tahap pemijatan pada bayi. Pijatlah saraf dan otot bayi agar sinapsisnya terangsang.

10.  Meningkatkan kemampuan berbahasa

Tidak ada yang mengira jika baby spa memiliki manfaat terhadap kemampuan verbal atau berbahasa pada bayi. Manfaat baby spa yang satu ini juga sangat dipengaruhi oleh tahap pemijatan bayi pada baby spa treatment. 

Meskipun baby spa dipercaya bermanfaat, para dokter spesialis anak tidak melihatnya sebagai sebuah kewajiban. Dilansir dari USA Today Network, dr. Hilary McCafferty mengatakan bahwa meskipun berendam di kolam spa bisa memberikan efek relaksasi dan stimulasi, manfaat ini juga bisa didapatkan saat bayi mandi di rumah.

Namun, jika anda ingin memperkenalkan buah hati pada pengalaman spa bayi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih lanjut, dokter anak yang tergabung dalam American Academy of Pediatrics ini mengingatkan orangtua untuk memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membawa bayi ke spa.

  • Sebelum ikut baby spa, sebaiknya bayi sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk. Kalau lapar dan mengantuk, bayi justru tidak akan bisa menikmati sesi spa.
  • Cari tahu dan tanyakan metode penyaringan air kolam, bahan kimia apa saja yang ada di dalam kolam, minyak pijat yang digunakan, dan hal-hal lainnya seputar kebersihan dan keamanan spa. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna sehingga masih sangat rentan terhadap kuman, bakteri, dan zat kimia.
  • Usahakan untuk ikut baby spa bersama bayi lain yang kenal dekat orangtuanya. Ini agar bisa menghindari risiko bayi berendam di dalam kolam yang sama dengan bayi lain dengan masalah kesehatan tertentu yang dapat menular.
  • Setiap bayi memiliki proses perkembangan yang berbeda-beda. Sebaiknya anda menilai sendiri dengan bijak apakah bayi anda sudah siap secara fisik dan mental untuk ikut spa bayi. Anda dapat menyiapkan buah hati untuk ikut spa dengan mengajaknya main air atau berendam saat mandi.
Usia Berapa Bayi Bisa Ikut Baby Spa?

Banyak ibu yang masih ragu untuk mengajak bayinya untuk treatment baby spa. Hal ini disebabkan informasi mengenai usia diperbolehkannya bayi ikut baby spa. Bayi mulai diperbolehkan ikut baby spa sejak usia 3 bulan dimana lehernya sudah bisa tegak.

Beberapa pendapat mengatakan jika bayi 1 bulan sudah bisa ikut baby spa. Akan tetapi, ini bisa berisiko pada bayi jika anda tidak mengawasinya dengan ketat. Sebaiknya, sebelum bayi anda menginjak usia 3 bulan, lakukan saja baby spa sendiri di rumah.

Tahapan Baby Spa

Tahapan baby spa bisa jadi berbeda antara satu tempat dengan tempat lain. Namun, umumnya tahapan baby spa dimulai dari tahapan memijat bayi agar otot dan sarafnya terangsang.

Setelah tahap pemijatan selesai maka lanjut pada tahap senam bayi. Terapis profesional akan membuat tubuh bayu seolah sedang senam. Tahap berikutnya adalah tahap berendam atau berenang ala bayi (baby swim).

Terkadang ada pusat baby spa yang menempatkan lebih dari satu bayi di dalam baby pool. Jika demikian, maka ada satu manfaat baby spa yang akan didapat yaitu manfaat dalam bersosialisasi.

Rangkaian spa bayi ini bisa dimulai sejak berusia satu bulan. Rangkaiannya meliputi baby swim selama 15 menit dan dilanjutkan dengan baby massage sekitar 20 menit, diakhiri dengan pemberian sinar infra red selama 10 menit. Seluruh rangkaian ini bisa dilakukan dibawah pengawasan fisioterapis agar tidak terjadi cedera ataupun kesalahan yang berakibat fatal

Risiko Berbahaya di Balik Ritual Baby Spa

Membawa bayi ke baby spa, alasan para orangtua tentu ingin membuat si bayi jadi lebih rileks dan senang. Bayi akan diberi pijatan selama sekitar 30 menit dengan terapis terlatih. Setelah itu diajak bermain dalam air.

Air yang digunakan juga bukan air berkaporit seperti di kolam renang. Tapi air yang selalu diganti dan bersuhu hangat. Ritual ini dipercaya bisa membuat bayi lebih tenang dan rileks, serta
memperkenalkan bayi dengan kolam agar ia tak takut air.

Saat bermain dalam kolam, bayi memakai neck ring untuk membuatnya tetap mengapung. Penggunaan neck ring ini sebenarnya harus diwaspadai. Birthlight, sebuah badan nirlaba di Inggris yang fokus pada keselamatan keluarga, mengungkapkan penggunaan neck ring menyimpan risiko yang besar terhadap keselamatan bayi.

“Awalnya bayi akan merasa terisolasi, ia mengapung sendirian tanpa kontak dengan orang terdekatnya. Lalu lehernya hanya disangga oleh plastik berudara yang bisa membuatnya tegang dan kaku. Ketika ia bergerak, risiko terjungkal ke depan sangat tinggi. Bayi juga bisa kesulitan bernapas,” ujar Francoise Freedman, dari Birthlight.

Dalam laporannya, Birthlight dan Swimming Teachers’ Association (STA) mengungkap kalau penggunaan neck ring secara terus menerus bisa menimbukan risiko gangguan fisik, saraf dan psikologis pada bayi. Penggunaan neck ring ini menurut keterangan dari STA tak dianjurkan terutama untuk bayi di bawah 5 bulan.

Jika memang ingin mengenalkan bayi pada air sebaiknya di bathub atau kolam plastik di rumah dan berendam bersama orangtua dan dalam pengawasan yang maksimal. Untuk ritual baby spa ini STA menganjurkan lebih baik memilih pijatan saja, lalu cukup bilas dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *